Jumat, 16 November 2012

Tahukah Kamu? Bagaimana Kincir Angin Bekerja

Pernahkan kamu melihat kincir angin? Sebuah baling-baling besar yang berputar-putar jika tertiup oleh angin. Sebenarnya, apa sih kincir angin itu? Dan bagaimanakah cara bekerjanya?.


Kincir angin adalah sebuah mesin yang digerakkan oleh tenaga angin. Pada zaman dulu kincir angin digunakan untuk menumbuk biji-bijian/menggiling padi, memompa air, dan untuk mengairi sawah. Kincir angin modern adalah mesin yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik, disebut juga dengan turbin angin.



Pada Prinsipnya kincir angin bekerja sebagai “Penerima Energi”, artinya dia menerima energi (kinetik) dari angin dan merubahnya menjadi energi lain yang dapat digunakan seperti listrik. Angin yang datang akan menumbuk sayap kipas (baling-baling) pada kincir angin, sehingga sayap kipas akan berputar.
Kemudian sayap kipas akan memutar poros di dalam nacelle (berbentuk tabung di belakang sayap kipas kincir angin). Poros dihubungkan ke gearbox (semacam roda bergerigi), di gearbox kecepatan perputaran poros ditingkatakan dengan cara mengatur perbandingan roda gigi dalam gearbox. Gearbox dihubungkan ke generator yang akan merubah energi mekanik menjadi energi listrik. Dari generator energi listrik mengalir menuju transformer (alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan) untuk menaikan tegangannya. Naah, baru deh kemudian listrik dapat di distribusikan/disalurkan ke tempat yang membutuhkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar